Tips menyablon bagi pemula (“kayak saya”)

13 05 2008

Latihan sablon textile (basis air) aja dulu baru sablon lain (kertas,plastik, dll/ basis minyak).

Pastikan 3 J :

1. Jangan malu bertanya kepada yang profesional.

2. jangan berhenti mencoba.

3. jangan terlalu perfeksionis.

Secara teknis

1.latihlah feeling untuk mencapur obat afdruk dan pengencernya, walaupun sudah ada panduan di botolnya.

2. latihlah feeling anda dalam menentukan lama penyinaran ( bila anda masih menggunakan bantuan matahari). Pengalaman saya kalo panas terik 50-60 detik sudah cukup membuat cetakan yang kuat, kalau mendung butuh 1-2 menit “itu waktu di semarang” mungkin kalo di tempat yang lain beda lagi.

3.  Gunakan paint removal untuk mengelupas bekas cetakan (tapi belum tahun efeknya sehubungan umur screen)

itu dulu yaa… nanti kalo ada pengalaman lagi saya share.

About these ads

Aksi

Information

31 responses

9 06 2008
irwan

Salam, saya sedang belajar nyablon, tapi selalu gagal dipembuatan filmnya, hurufnya jebol

10 06 2008
obey2008

ada beberapa faktor yang menyebabkannya (saya jawab sesuai pengalaman saya untuk sablon water base untuk kaos)
1. Screen anda tidak sesuai resolusinya, terlalu renggang untuk font yang anda pilih.
2. Penyinaran yang kurang.
3. perbandingan antara ulano dan pengencernya kurang tepat.

24 06 2008
maz2qn

tolong pencerahannya dong..
saya ingin sekali membuat distro kaos, tp saya gak punya alatnya, berapa ya harga 1set alat sablon digital (mulai dari mesin press, printer, dll) yang baru maupun yang second..
tolong pencerahannya ya…
saya tunggu ilham dari Anda.
TERIMA KASIH…
mastukin@yahoo.co.id

22 07 2008
obey2008

Coba gabung di milis sablon di yahoo.groups

26 07 2008
ipank

MAS,KALO UNTUK BUIKIN FILM SPARASI UNTUK KAOS,,,,ALAT2 YANG DI PAKE APA AJA,,,DETAILNYA,BIAR HASIL MAKSIMAL,,

3 08 2008
n-doy

para senior salam kenal dri n-doy
aku mw nanya gimana sh cara menyablon dari scrien sparasi?
kasih dong solusinya?
By N-DOY

3 08 2008
n-doy

aku jg g’ taw masalah nya aku blm pernah buat FILM SPARASI
kw buat film biasa aku bisa tapi kw buat film sparasi aku blm tw?
tlg dong mas ?
By N-DOY dumai

7 08 2008
Sardido

thanks bro..

29 08 2008
nopal

saya pengen belajar sablon nich.,tp aq g tw pa ja nama bahan2nya!tolng bntuin dong…!!!

18 09 2008
Ipoel

mas saya mau tanya nih ? cara bikin film yang benar gimana siich untuk cetak ke media kertas. saya dah pernah bikin, jenis screen nya dah benar…tapi hasil screen tidak timbul gambarnya dan pada saat di semprot filmnya gak keluar… bls dong ke Email saya plezzzzzzzzzzzzzz bgt

19 09 2008
obey2008

terima kaih untuk respon nya
saya punya pengalaman yang sama saat membuat afdruk

untuk menanggulanginya adalah :
1. pastikan ruangan untuk membuat film bebas sinar infrared(matahari)
2. waktu penyinaran jangan terlalu lama
melihat kasus anda keliatannya cetakan/afdruk anda gosong.
3. pake sinar matahari terik hanya butuh 45 detik aja kok.
kalo mendung 60-75 detik.

saya pernah 75 detik penyinaran waktu terik matahari sudah gosong untuk
bagian yang deti/kecil.

semoga membantu

23 10 2008
si ita

salam kenal, sy cewe yg pgn tau proses sablon dari awal, bkn yg canggih amat, tp yg cm buat nyablon nama dikaos aja, mgkn mas/abangnya tau gtu, trus bli alat2nya yg gampang dimana, soalnya sy ngeliat diSOGO JONGKOK ada penjual kyknya gampang banget nyablon sambil ditungguin pembelinya, thx anyway

28 10 2008
obey2008

coba anda buka di post saya yang lain “proses teknik sablon” semoga membantu. untuk beli alatnya di jakarta saya tidak tau alamatnya. pengalaman saya, toko sablon biasanya membantu kita bila mau mulai usaha ( bantu kasih saran dan teknik nya) semoga berhasil.

21 01 2009
roy

juragan, klo’ di depok, dimana t4 kursus sablon kaos (distro) &/ buat bikin cover skripsi/tesis ya?
mohon petunjuk. roy

11 02 2009
idris

om, macam mana cara membuat sablon di kaos cih ??
yang napa om, dari dasar nya lha,
kalau bisa, tolong kirimin tutorial nya ke email saya yach …
dhuo_net_boy@yahoo.com
makasiii

1 03 2009
anak DP

cara bikin separasi itu tergantung dari screen yg kita gunakan..
klo untuk kertas..
pake 120T juga bisa..
cuma dari proses design na sudah di pisah belum antara warna Cyan, Magenta, Yellow, dan Black
klo udah..
mulai dengan mencetak warna cyan terlebih dahulu, kmedian dilanjutkan dengan magenta yellow dan black.

nanti pasti dapet warna separasi..
dengan catatan setiap warna harus register (ketepatan cetak)..
agar warna saling bertumpuk dan menghasilkan hasil warna yg baik

klo maw email saya saja di nutsbikers14@gmail.com

2 03 2009
anak DP

bro..
klo maw bersihin cetakan sebelum’a..
mending pake ulano 5
lebih bersih..

17 03 2009
An4m

ass.

maz mau nanya , q anak smg , uda pny alat sablon sendiri tapi cuma bisa sablon 1 warna doang. bisa g ajarint carana bikin sablon dengan berbagai macam warna dalam 1 kaos.
mind to intro in my email

hanamichi_kurayami@yahoo.co.id

tnx b4

7 05 2009
dani

mas ada brpa alat buat sablon sich???aqu pgn bsa…tolong sbutin screan nya y mas!!

23 05 2009
obey2008

kalo screen ada dari ukuran 50 – 200 itu kerapatan screen semakin tinggi nilai screen kerapatannya semakin tinggi

19 07 2009
inunk

saya mau bertaznya,,,saya sdh bisa membuat film……tp saaat sudah ingin menyablon dengan menggunakan tinta,,,selalu gagal……..kebetulan yg saya sablon itu adalah plastik untuk bantal maupun guling………….saat gesretan pertama ada bagian yg tidak terkena tinta………..kemudian,,saat ingin mulai di plastik selanjutnya sudah kering,jd tidak tembus lagi……….dengan kata lain mampet………….dan setelah itu harus dibersihkan menggunakan M4…………..screen yg saya gunakan ukuran 40×50 dengan serat T165…………..Yang mau saya tanyakan,,,,adakah bahan lain yg digunakan pada saat mencampur tinta dengan M4???
saya pernah bertanya kepada seseorang,,,dia bilang menggunakan nminyak tanah supaya tinta tidak cepat kering……………..atau tolong berikan kisi-kisinya………
mohon bantuannya………….
terima kasih

14 08 2009
Pesona

mz gmn caranya menyablon timbul dan mengkilap pada kaos seperti buatan pabrikan thx

24 08 2009
donat135c@yahoo.com

hasil afdruk saya,,fontnya gk bisa lurus..mesti bergelombang..gk sempurna mirip filmnya..tu knapa ya?

1 01 2010
basir

mas,…
gimana yah kalo nyablon plastik kok sablonanya gak kuat, pasti luntur kena miyak…
bahan/ carana buwat sablonan itu kuat di plastik gtimana ya….
tolong kasih tau…
thank…

17 01 2010
abeecdick

makasih mas atas share informasinya, salam kenal :)

23 03 2010
obey2008

waduh saya tidak punya pengalaman untuk bahan plastik dan kertas mohon maaf ya coba cari tahu lewat master sablon di sablon.yahoo.groups

27 06 2010
rita

Apakah di akhir penyablonan kaos harus di setrika?

3 08 2010
indra

selain cara itu, apa ada sara yang lebh mudah di ikuti.

23 08 2010
Labi

Q pengin tau,cara nyablon kaos yang paling mudah&murah+alat+bahan yng dibutuhkn gimna y?

11 09 2010
Nt_delove

Mas… ning semarang sing komplit alat2 sablon ning ndi..?

20 09 2010
obey2008

kalau saya belanja di pagoda sps jalan cenderawasih belakang nusantara sakti bubakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: