Kompresor Hand Made

Kompresor Hand Made

Kompresor tergolong kebutuhan primer bagi pengendara. Banyak kegunaan yang di dapat dari sebuah kompresor misal untuk pompa ban atau membersihkan komponen. Namun yang menjadi kendala adalah masih dirasa mahal untuk membeli kompresor baru ukuran kecil kita bisamenyediakan dana mencapai Rp 1 juta untuk ukuran yang sedang sekitar Rp 1,5 jutaan. Kalaupun beli bekas dana yang disediakan berkisar antara 700-800 ribu. Budi Sulistyo, pemilik bengkel ARM Surabaya menjelaskan hal tersebut.

Mekanik yang pernah melambungkan nama Rovino Sanjaya sebagai pembalap drag bike terbaik ini mempunyai solusinya, yaitu dengan membuat kompresor sendiri dengan dana Rp 150 ribu. Adapun alat yang dibutuhkan :

  1. mesin AC rumahan atau mesin kulkas,
  2. tabung gas Freon,
  3. slang udara
  4. alat pengukur tekanan.

Semua barang bisa dibeli di pasar loak,” jelas mekanik yang nengok kalau dipanggil Cak Pipi.

Langkah pertama, membuat lubang pemasukan udara dengan menggunakan pentil truk yang dilas pada tabung gas freon. (gbr. 1) “Fungsinya untuk menyalurkan udara yang disedot dari mesin AC ke dalam tabung freon,” jelas bapak 46 tahun itu.

Kemudian memasang keran udara. Tepat di bagian atas tabung agar saat kompresor selesai digunakan, keran bisa ditutup. Sehingga udara yang tersimpan di dalam tabung tidak keluar (gbr. 2). “Untuk mengetahui tekanan udara yang masuk dan keluar, tabung juga wajib diberi pengukur tekanan udara,” pasti mekanik yang lagi riset Kawak Ninja untuk kejurnas drag bike.

Setelah itu, gabungkan antara tabung freon dengan mesin AC menggunakan slang udara (gbr.3). Jangan lupa, mesin AC diisi terlebih dulu dengan oli mesin kira-kira ½ liter agar tetap adem.

Selanjutnya kompresor buatan Rp 150 ribu siap digunakan (gbr. 4).

“Oh ya. Kompresor ini juga bisa buat ngecat, lho,” imbuh Cak Pipi. Domas Nala

Disadur dari majalah motor plus

Oleh : http://obey2008.wordpress.com

klik –> kompresor-made-in-dewek untuk download pdf

Klik –> kompresor-made-in-dewek

Klik –>kompresor-hand-made

About these ads

7 pemikiran pada “Kompresor Hand Made

  1. bos…penasaran nich gue…itu compresornya tekanannya sama kuat gak kaya compresor yang asli.trus bisa gak pake compressor bekas kulkas ukuran kecil(mini) yg bwt di kamar itu.mohon penjelasannya.kalau saya cari bekas ac ky nya agak susah.

  2. I’m not sure exactly why but this web site is loading extremely slow for me. Is anyone else having this problem or is it a issue on my end? I’ll check back later
    on and see if the problem still exists.

  3. Just desire to say your article is as astounding.
    The clarity in your post is simply spectacular and i can assume you’re an expert on this subject. Well with your permission allow me to grab your RSS feed to keep up to date with forthcoming post. Thanks a million and please carry on the rewarding work.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s