Untungnya buka usaha sablon

Bisnis sablon memang cukup menguntungkan, apalagi musim pilkada/ kampaye parpol (kaos partai, bendera partai dll) dan tahun ajaran baru (kaos olah raga, topi, badge, name tag) taon ajaran baru akhir2 ini. Orderan bakal dapat banyak, keuntungan juga akan semakin berlipat.
SABLON KAOS.
Anggap saja kita udah memiliki usaha sablon yang cukup berkembang dikenal di masyarakat. Kalau ada pelanggan yang ingin membuat sablon kaos partai ke tempat kita walau kita tidak bisa membuat kaos lebih baik diterima saja. Pembuatan kaos partai dialihkan ke relasi/partner kita yang sudah buka usaha konveksi. Tentunya kita harus mengenal baik kualitas dan kepercayaan partner kita. Setelah kaos sudah diproses setengah jadi, kita baru bisa mulai menyablonnya.
Order sablon kaos partai misalnya sejumlah 500 buah kaos (bisa lebih banyak). Kalau kita memasang harga Rp 1000,- per kaos (untuk sablon 3 warna dengan ukuran standar), maka pendapatan kotornya sebanyak Rp 500.000,-. Total biaya yang kita keluarkan sebanyak Rp 300.000,- (beli tinta sablon, setting film, uang capek, dsb), maka kita bakal dapet penghasilan bersih Rp 200.000,-.
Anggap aja rata-rata per bulan kita dapet orderan hingga 3000 buah kaos dari satu partai, dengan harga yang sama, maka per bulan kita dapatkan penghasilan bersih sekitar Rp 1.200.000,-!!! Hitung sendiri berapa penghasilan tahunannya! ”Dan perlu diingat anda sudah memberkati orang lain karena anda pasti butuh pembantu untuk mengerjakannya dan butuh orang konveksi untuk menjahit, dalam hal ini anda sudah menjadi penggerak ekonomi negara.”


SABLON KARTU UNDANGAN.
Anda tidak perlu khawatir kehabisan pangsa pasar selama masih ada orang menikah, banyak orang yang memerlukan kartu undangan yang terbaik bagi mereka (tergantung pada dana yang ada juga tentunya). Dari memilih model, warna, ukuran, harga, hingga konsep tulisan kartu undangannya. Beda model tentunya beda harga. Tapi di artikel ini biar lebih mudah menguraikannya, kita ambil contoh kartu undangan seharga rata2 Rp 1200,- (bisa lebih dan bisa kurang).

Orang membuat kartu undangan pasti sangat banyak, bahkan bisa ribuan (karena saudaranya banyak). Misalnya pelanggan memesan kartu undangan sebanyak 800 lembar dengan harga Rp 1.200,- maka penghasilan kotor kita yaitu Rp 960.000,-. Kalau kita sudah mengeluarkan biaya total Rp 500.000,- kita bakal memperoleh pendapatan bersih sebanyak Rp 460.000,-. Itu baru sekali order dari satu pasang pengantin. Bila kita bisa mempunyai lebih banyak pelanggan dan relasi yang loyal, maka penghasilan yang kita dapat bisa lebih banyak. Maka rajin-rajinlahlah berpromosi, juga menjaga kualitas layanan + produk yang kita buat tentunya.
Selamat mencoba bisnis sablon yaa….

Fakta : ”Selama orang masih butuh pakaian; Bisnis penjualan pakaian pernah redup”
Bisnis-bisnis yang mengambil pilihan menyediakan produk kebutuhan pokok masyarakat banyak digemari pebisnis sebab sifatnya yang selalu mendapat tempat. Bukan hanya bisnis makanan, bisnis penjualan pakaian pun tampak semakin berkembang dari waktu ke waktu. Bila berjalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan sejenis, coba perhatikan sebagian besar pusat perbelanjaan paling banyak diisi oleh toko-toko yang menjual perlengkapan pakaian. Lama tidak berkunjung kemudian berjalan-jalan ke mall yang sama, tidak jarang ditemui semakin bertambahnya toko dan kios yang menjual pakaian.
Fenomena itu belum sepenuhnya menggambarkan betapa gurihnya bisnis pakaian. Berbisnis di dunia yang satu ini juga banyak yang ditekuni pebisnis dengan membangun distro, rumah butik, factory outlet bahkan saat ini banyak pebisnis yang menjajakan dagangan pakaian secara online di internet. Diantara mereka ada yang mencoba mulai dari skala kecil, ada pula yang langsung skala menengah ataupun besar.
Sesuai peluang pasarnya yang besar, bisnis berjualan pakaian yang dibangun lebih banyak menawarkan produk pakaian untuk wanita dengan trend dan mode sesuai pasar yang dituju.
Selain ada pula pebisnis yang membidik pasar khusus seperti pakaian anak, pakaian big size, dan sebagainya.
Banyak jenis pasar bisa dibidik dalam bisnis berjualan pakaian. Anda bisa memulai sebuah bisnis penjualan pakaian yang dirasa tepat untuk dijalani. Hanya saja untuk mulai melangkah tentu saja banyak hal harus dipersiapkan dengan matang. Diantaranya, menentukan target pasar yang akan dibidik dalam penawaran produk bisnis. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui produk apa yang harus disediakan serta bagaimana pelayanan diberikan.
Usaha penjualan pakaian akan dirintis dengan bisnis offline (dijajakan di toko atau ada tempatnya) tentu saja tempat tersebut harus dekat dengan target pasar yang dibidik.
Langkah selanjutnya, carilah informasi tentang supplier yang pas untuk bisnis yang akan dibangun. Bukan hanya masalah harga, namun juga kualitas serta layanan penjualan yang memang pebisnis butuhkan.
Kalo bisnis sudah mulai dijalankan, promosi adalah hal pertama yang dibutuhkan agar bisnis Anda dikenal pasar. Untuk tahap awal mungkin pasar yang bisa digarap masih sebatas kenalan, teman, atau pejalan kaki yang tidak sengaja berkunjung dan membeli dagangan. Namun untuk memperluas pasar tidak ada salahnya merangkul pasar lebih banyak melalui alat promosi murah meriah seperti brosur, iklan gratis di internet, dan lebih baik lagi jika promosi dari mulut ke mulut sebab kepuasan yang didapatkan pelanggan ketika berbelanja di tempat pebisnis.
Trend bisnis pakaian tidak ada matinya. Yang mungkin berubah hanyalah trend produk yang ataupun pelayanan. Bila berbicara tentang margin keuntungan yang pastinya ditunggu-tunggu pebisnis biasanya tergantung jenis pakaian, tempat menjual dan juga pasar yang membeli.

Membangun bisnis sablon kaos Tshirt
Bisnis ini memang punya peluang yang baik. Masih banyak orang yang menjadikan T-shirt sebagai cendera mata atau pakaian kasual yang memang cocok untuk iklim negara kita. Mari kita belajar dari pebisnis yang berhasil dalam bidang ini. Sebut saja Dagadu dari Yogya, Joger dari Bali dan C-59 dari Bandung. Salah satu keberhasilan mereka adalah karena mereka memiliki desain yang orisinil dan khas!
Jadi, kunci sukses dalam bisnis sablon kaos ini adalah desain. Dan saya percaya anda semua punya modal untuk itu, karena secara sederhana desain adalah kreativitas. Nah, ciptakan desain-desain yang baik dan unik agar menempati posisi yang baik di mata konsumen.
Ini penting jika anda memang ingin membangun brand atau merek sendiri.
Tentu amat berbeda jika untuk ‘sekadar’ membuat sablon kaos biasa. Desain menjadi tidak penting karena desain dapat diambil dari mana saja. Contohnya, nama klub dan logo sepak bola dari Liga Italia, Liga Inggris, atau Liga Indonesia, merek-merek terkenal, atau sablon kaos untuk kepentingan instansi atau sekolah.
Desain kaos yang ‘biasa’ ini memang banyak diperjualbelikan di pasar atau toko mana saja karena sifatnya yang umum. Risikonya harus bertarung dengan yang lain, apalagi harga kaos seperti ini bisa dibawah 20 ribu rupiah. Anda harus membuatnya dalam jumlah banyak agar skala ekonomis terpenuhi.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mutu, baik mutu kaos maupun mutu pengerjaan sablonnya. Desain yang bagus kalau dikerjakan dengan ceroboh tentu akan merusak hasil yang diharapkan. Pengetahuan cara menyablon memang harus dikuasai.


Untuk mempersingkat learning curve (kurva pengetahuan) dan bisnis Anda, Anda dapat melakukannya dengan menerima tukang sablon yang berpengalaman bekerja pada bisnis Anda. Dengan cara seperti ini, bisnis Anda dapat cepat terwujud.
Pusat grosir mungkin bisa dikunjungi untuk mencari kaosnya, peralatan sablon bisa ditanyakan di toko atau tukang sablon yang telah ada. Masukkan ini ke dalam bagian riset pasar Anda.
Setelah desain ada, produknya jadi, tentu pasarnya yang kita tuju. Bagaimana strateginya? Secara ringkas, untuk produk sablon yang ‘biasa’ tentu Anda harus memiliki distributor yang banyak di setiap pasar, toko bahkan kakilima untuk memasarkannya. Juga hubungan yang baik dengan instansi atau sekolah yang memerlukan seragam olahraga atau acara dengan memberikan proposal dan harga yang rasional.

Untuk desain kaos dengan merek sendiri, tentu lebih khusus lagi. Memiliki toko sendiri atau gerai tersendiri di department store tertentu atau butik-butik tertentu akan mendongkrak citra produk Anda. Harga kaos Anda pun dapat sedikit di atas rata-rata. Penempatan lokasi jual produk juga harus Anda perhatikan. Dekatkan dengan konsumen yang hendak Anda tuju

Disadur dari artikel

Teori screen printing

http://wilystra2007.multiply.com/reviews/item/4

2 thoughts on “Untungnya buka usaha sablon”

  1. permisi..saya sudah membaca artikel tentang usaha kartu undangan.
    saya ingin tanya. apakah bisnis kartu undangan bisa menghidupi kita walaupun sudah byk pembuat kartu undangan lainnya yg notabennya sudah lebih senior drpd kita?
    terima kasih…

    Suka

  2. salam kenal,
    saya baru berencana akan membuka usaha sablon,eh sudah ada yg ada order kaos partai.mohon referensi dimana beli bahan kaos oblong bahan hyget yang biasa dipakai untuk buat kaos partai.
    trims atas bantuannya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s