Transmisi Charade XG

Berikut ini pengalaman saya menggunakan charade xg lansiran 1982, ini bulan ke lima saya punya mobil ini, dan banyak pengalaman yang saya dapat dari mobil ini.

bulan juni dan juli adalah bulan yang sibuk sehingga blog juga tidak terurus. Dua saudara saya menikah dalam waktu bersamaan, di tempat yang berbeda Pantura (pati) dan Pantai selatan (Klaten). Charade ini pula yang menghantar kami.

Masalah pertama yang kami hadapi adalah masalah sasis mobil, karena kurang teliti dalam membeli saya dapatkan mobil dengan sasis yang sudah lemah (keropos), tanpa ampun karena jalan yang buruk dan muatan yang berlebih, patahlah sasis kami tepat di bawah penumpang depan.

tidak berhenti disitu bagasi yang menopang penumpang belakang hancur karena keropos, pertolongan darurat saya las dan tambal dengan plat drum, namun sedikit menyisakan kecewa karena pekerjaannya kasar dan tidak rapi.

Masalah berikutnya timbul karena keteledoran pemilik (diri saya sendiri) yang tidak cek oli mesin, jauh-jauh hari, beruntung tidak macet di tengah jalan. Oli di tambah satu liter, lancarlah mobilku.

hari terakhir dari perjalanan yang saya lakukan bersama keluarga ditutup dengan kampas cakram rem depan habis sehingga dari pati hingga klaten rem depan berbunyi seperti pedang diadu.

terakhir kemarin bulan agustus mobil kembali agak rewel dengan transmisi yang tidak mau diajak mundur, selidik punya selidik, tanya sana dan sini, diketahui oli gardan/ persneling habis tak bersisa.

pertolongan pertama yang saya lakukan adalah menambahkan oli mesin ke dalam gardan, syukurlah dapat memberikan pertolongan.

untuk penggemar otomotive mari kita rawat mobil kita dengan baik. saya percaya kejadian yang saya alami tidak akan terjadi bila kita dengan teliti merawat mobil.

obey
mobil keren ini ternyata sasisnya keropos

9 thoughts on “Transmisi Charade XG”

  1. saya juga pake bos charade xg 1982 body kaleng tidak keropos namun cat kusam soal oli mesin setiap bulan saya juga tambah seperempat liter soalnya sebulan sekali jalan smg-klaten kadang ke jogya warna merah metalik

    Suka

  2. wah saya juga “melihara” charade xg 82.sejauh ini sangat mantabs dan nyaman.sudah hampir satu tahun ini.irit dan bandel.lanjutkan!!!he he

    Suka

  3. Salam kenal mas obey. mau tanya oli mesin buat charade 82 XG tipe-nya apa yah (SAE berapa?) dan berapa liter. Oh yah mas obey bisa upload manualnya di wordpress.com ini? atau kirim ke email saya mulyanto @ gmail.com. Terima kasih sebelumnya.

    Suka

  4. saya pakai oli mesran seperti untuk sepeda motor hanya jumlahnya 3 liter, kan prinsipnya sama seperti sepeda motor 4 tak hanya kalau motor 1 piston, kalau mobil 3 atau 4 piston. kalau oli transmisi 2-3 liter pakai mesran yang merek RORED, selama ini gak ada masalah. Tetap lancar dan adem pokoknya oli gak telat ( dijog / ditambah kalau kurang sudah cukup) yang penting ada olinya, radiator + kipas sehat dan air jangan lupa dikontrol sudah cukup bagi XG 82 untuk dipakai harian, sukur-sukur bisa tune up atau ganti filter oli secara teratur.

    Suka

  5. oli gardan ada di sebelah kanan dan ada stik penunjuknya kalau oli gardan abis atau tidak, tapi jarang2 sampai habis. hanya kalau ngejok (nambah) biasanya saya masukkan di botol bekas air accu karena oli gardan lebih kental sehingga lama kalau di tunggu mengalirnya, jadi harus dipaksakan masuk. saya jarang ngisi oli gardan karena gak ada yang bocor.

    Suka

  6. sama om saya baru seminggu beli . waktu memeriksa waktu mau beli dah remang remang dan gak teliti, ternyata dah sampai rumah di cek lagi bodi banyak yang keropos…

    Suka

  7. ikutan mas, ceret sayah 86. saya mau ganti ring seher sendiri (kalo bisa sih). silinder head sudah saya lepas. apalagi yang musti dilepas? apakah semuanya harus dilepas? mohon sarannya !

    Suka

Tinggalkan Balasan

