SINERGI MENUJU BULOG ANDALAN KETAHANAN PANGAN BANGSA

Beras merupakan komoditi utama bagi bangsa Indonesia, karena sebagian besar penduduknya masih menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Laju pertumbuhan penduduk bangsa ini menjadikan kebutuhan akan beras semakin meningkat dari tahun ketahun. Menjadi beban tersendiri bagi pemerintah bila kebutuhan beras nasional tidak tercukupi oleh produksi nasional, dan untuk menutup kebutuhan tersebut maka dilakukan impor beras dari negeri tetangga. Impor beras akan menambah anggaran negara yang diperoleh dari pinjaman baik dari dalam ataupun dari luar negeri. Dengan kata lain hutang negara bertambah karena salah satu faktornya adalah kebutuhan beras nasional yang tidak terpenuhi.

Membahas hal ini akan menyangkut banyak instansi yang terkait, salah satunya BULOG (Badan Urusan Logistik) yang bertugas melaksanakan tugas umum pemerintah dan pembangunan dibidang manajemen logistik melalui pengelolaan persediaan, distribusi, pengendalian harga beras, dan usaha jasa logistik sesuai peraturan perundang-undangan, namun berdasarkan kajian yang telah dilakukan, dalam perkembangannya BULOG diubah menjadi PERUM BULOG dengan harapan BULOG tetap dapat melaksanakan tugas publik yang dibebankan pemerintah terutama dalam pengamanan harga dasar pembelian gabah pendistribusian beras untuk masyarakat miskin yang rawan pangan, pemupukan stok nasional untuk keperluan publik menghadapi keadaan darurat dan kepentingan publik lainnya dalam upaya mengendalikan gejolak harga. Perum BULOG juga memberikan kontribusi operasionalnya kepada masyarakat sebagai salah satu pelaku ekonomi dengan melaksanakan fungsi usaha yang tidak bertentangan dengan hukum dan kaidah transparansi (http://www.bulog.co.id).  Bila BULOG tumbuh menjadi badan usaha yang sehat banyak manfaat yang bisa diambil oleh bangsa ini. Peran strategis BULOG bila di dukung dengan kebijakan yang tepat dan perangkat hukum yang jelas bagi sepak terjang BULOG dalam menjalankan tugasnya menjadikan BULOG tidak hanya sebuah lumbung untuk menyimpan beras saja.

Bila dilihat dari jabaran fungsi BULOG ada beberapa peluang yang dapat diciptakan dalam usaha untuk memastikan ketersediaan pangan dan mensejahterakan rakyat. Rakyat yang diuntungkan bukan hanya petani saja tetapi seluruh komponen usaha dan konsumen. Peluang tersebut adalah :
1.Perum BULOG diberi kewenangan untuk mengatur harga beli gabah petani.
2.Perum BULOG diberi kewenangan untuk menjual beras pada konsumen.
3.Perum BULOG diberi kewenangan untuk memupuk stok beras.
Dua buah peluang ini bila dimaksimalkan dalam pelaksanaannya akan menjadikan Perum BULOG bukan hanya sekedar menjadi lumbung beras namun akan dapat membawa Perum BULOG menjadi badan usaha negara yang mensejahterakan rakyat.

Kewenangan untuk mengatur harga beli gabah menghasilkan suatu iklim usaha yang baik bagi petani, dalam hal ini Perum BULOG dapat menjadi kepanjangan tangan negara untuk mensejahterakan rakyat petani dan menghindarkan petani dari praktik ijon dan permainan harga para tengkulak. Perum BULOG dapat menetapkan standard gabah yang akan diterima beserta harganya, dan dalam penerimaan gabah ini hendaknya Perum BULOG  menerima seluruh gabah petani dalam keadaan apapun. Model klasifikasi gabah dapat dilaksanakan sebagai upaya untuk menyaring gabah para petani. Gabah super dibeli dengan harga yang paling tinggi, gabah standard dibeli dengan harga standard dan gabah yang buruk kualitasnya dibeli dengan harga yang rendah. Harga yang paling rendah hendaknya bisa menutup lebih dari separo kerugian petani, sehingga petanipun tidak megalami kerugian yang besar sehingga tidak dapat melaksanakan penanaman lagi. Titik lemah sistem ini adalah bila tengkulak memberi harga yang lebih tinggi dari standard yang ditetapkan Perum BULOG sehingga petani yang memiliki gabah yang bagus akan menjual gabahnya kepada tengkulak, sehingga Perum BULOG hanya mendapat gabah yang buruk kualitasnya. Hal ini wajar terjadi dimana produsen akan mencari tempat yang mau menerima produknya dengan harga tinggi.  Beberapa hal dapat dilakukan Perum BULOG untuk dapat menjaga ketersediaan beras dengan mutu yang baik salah satunya adalah dengan mengadakan kerjasama dengan para kelompok tani, kelompok tani binaan Perum BULOG menjual hasil panennya kepada BULOG dengan imbal balik edukasi teknik bertani ataupun pinjaman pembelian benih dan pupuk. Kerja sama dengan KUD juga dapat dilakukan untuk menjaga ketersediaan gabah. Hal ini memungkinkan dilakukan karena status Perum BULOG yang merupakan badan usaha.

Kewenangan Perum BULOG untuk menjual beras kepada konsumen merupakan salah satu kesempatan bagi pemerintah untuk melindungi rakyat dari tingginya harga beras. Sekarang ini masyarakat hanya tahu kalau beras dari BULOG terkesan murah dan tidak enak. Hal ini harus menjai cambuk bagi Perum BULOG untuk dapat menyediakan beras berkualitas baikdengan harga terjangkau.

Kewenangan untuk memupuk stok beras merupakan kesempatan yang dapat dipakai dalam upaya mensejahterakan rakyat. Ketika stok melimpah Perum BULOG mampu menampung limpahan stok sehingga harga gabah dan beras tidak jatuh demikian sebaliknya bila stok beras menipis Perum BULOG dapat menggelontor pasar dengan berasnya sehingga harga beras relatif stabil. Pada saatnya nanti ketersedian dan kebutuhan beras menjadi seimbang bahkan ketersediaan beras melimpah ekspor beras dapat dilakukan, tentunya hal ini akan menambah pendapatan negara.
Untuk mewujudkan semua hal tersebut Perum BULOG dituntut untuk mampu menjadi lembaga yang efisien, efektif, transparan sehingga mampu melayani kepentingan publik secara memuaskan. Dari sisi internal Perum BULOG perlu menyempurnakan sistem kerja yang ada meliputi kebijakan dan sistem pengawasan. Kebijakan yang tepat dan berpihak pada rakyat merupakan hal yang dinantikan masyarakat, perbaikan sistem pengawasan aparatur Perum BULOG dalam menjalankan tugasnya dapat menekan terjadinya penyimpangan yang merugikan semua pihak. Perum BULOG dengan posisi yang strategis membutuhkan aparat pegawai yang jujur, bersih dan konsisten dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Dari sisi ekternal Perum BULOG perlu didukung dengan stabilitas politik, kebijakan pemerintah yang berpihak rakyat dan perangkat hukum yang jelas. Perum BULOG bukan milik partai yang berkuasa atau sekumpulan partai dengan tujuannya masing-masing. Netralitas dan kemandirian Perum BULOG dalam menjalankan fungsi penting untuk dijaga.

Kerjasama yang baik antara Perum BULOG dan instansi yang berkaitan dengan produksi dan distribusi beras sangat diperlukan. Tata niaga yang baik dan adil tanpa adanya produksi yang baik dan benar  akan menyebabkan tidak bergunanya tata niaga yang ada. Langkah sinergi tersebut diantaranya edukasi yang benar mengenai tataniaga komoditi pangan khususnya beras. Edukasi diperlukan sebagai langkah untuk mengubah pola pikir dan pandangan masyarakat tentang keberadaan Perum BULOG beserta seluruh aktifitas yang dilakukan. Disampig untuk merehabilitasi  pandangan masyarakat, edukasi juga diperlukan untuk menggugah masyarakat khususnya petani padi untuk menjual hasil produknya ke Perum BULOG juga para konsumen untuk menggunakan beras produksi Perum BULOG. Selain edukasi Perum BULOG sebagai kepanjangan tangan pemerintah tentu memiliki posisi tawar yang tinggi untuk dapat mengusulkan pengurangan pengalihan fungsi lahan. Pengalihan fungsi lahan sawah menjadi perumahan atau industri akan semakin menekan produksi beras nasional. Selain pengalihan fungsi lahan perlu diusulkan untuk membuka lahan pertanian baru di tempat yang sesuai peruntukannya. Perbaikan infrastruktur jalan merupakan pekerjaan tersendiri oleh pihak terkait namun berpengaruh pada kinerja Perum BULOG. Jalan yang baik akan memperlancar proses distribusi, dengan lancarnya proses distribusi akan menekan pengeluaran biaya distribusi yang pada ujungnya juga menekan harga jual kepada konsumen. Langkah-langkah tadi nerupakan sinergi yang saling terkait dan berjalan seiring karena saling mempengaruhi. Perum BULOG tidak akan berfungsi dengan baik bila sinergi antar instansi tidak terwujud.

Gabah yang terbeli dengan harga yang layak, beras berkualitas baik yang terbeli dengan harga terjangkau adalah mimpi bagi kita semua masyarakat Indonesia saat ini. Jawaban atas mimpi tersebut ada pada Perum BULOG yang dikelola efektif, efisien, transparan dengan dukungan semua pihak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s