Merdeka Lahir Batin

Bukan suatu kebetulan bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaannya, namun melalui perjuangan dan pengorbanan leluhur kita. Tahun ini bukan sebuah kebetulan bahwa hari kemerdekaan Indonesia dirayakan berdekatan dengan bulan suci bagi umat islam (mayoritas penduduk Indonesia) semua mempunyai makna yang dalam yang bila dimaknai dengan arif akan memunculkan suatu ide yang mensejahterakan bangsa ini.
64 tahun sudah bangsa kita merdeka dan selama itu pula bangsa kita berjuang untuk tetap tegak berdiri dan tidak sedikit pula tumbal yang telah dikorbankan bagi tegaknya negara dan bangsa ini. Bangsa ini bak gadis yang cantik, bagaimanapun bentukanya tetap mempesona bagi pemuda yang melihatnya dan iri bagi gadis lain. Banyak usaha untuk menguasai gadis ini dan banyak usaha pula untuk menghancurkan daya tariknya.
Saya secara pribadi bangga berbangsa Indonesia, hampir tiga puluh tahun saya hidup dan dihidupi bangsa ini melalui kearifan budaya dan keramahan penduduknya. Sedih rasanya mengingat masa lalu yang menjadi sia-sia karena hidup yang tidak teratur bahkan merusak tatanan budaya yang arif. Disayangkan masih banyak anak muda disana belum sadar bahwa kehidupannya yang berantakan merupakan awal kehancuran bagi negeri ini. Bolehlah budaya berkembang mengiring jaman, namun janganlah terlindas oleh jaman itu sendiri. Kita tidak dapat menolak internet, kita tidak dapat menolak industri, kita juga tidak dapat menolak kecanggihan teknologi, namun yang dapat kita lakukan adalah mengontrolnya sesuai integritas bangsa kita.
Sangat disayangkan kemajuan yang ada menjadi jalan penjajahan baru bagi bangsa ini, banyak anak muda bahkan orang tua jadi “keblinger” oleh kemajuan jaman ini, sehingga warisan budaya bangsa yang adi luhung dirampok bangsa lain untuk dijual dan diidentitaskan bagi bangsa tersebut, sungguh paradok yang menyesakkan dimana banyak putra-putri bangsa dengan bangga memamerkan kemampuan mengadopsi budaya bangsa lain, disisi lain budayanya sendiri dirampok orang karena kita sebagai bangsa tidak bangga atas budaya kita sendiri.
Bergandeng tangan, bersatu saling menghormati dan lakukan karya nyata sekecil apapun itu untuk mengembalikan jatidiri bangsa ini. Dijamin murah. Com memulainya melalui lomba blog dijaminmurah.com merupakan sebuah karya nyata mengundang putra-putri indonesia untuk menuliskan gagasannya tentang kemerdekaan dan kesucian hati, hal yang mungkin kecil dan dianggap remeh namun saya percaya siapapun yang mengikuti lomba ini sudah berfikir untuk bangsa ini dan melakukan karya nyata menyampaikan pemikirannya yang dibaca secara serius ataupun sekilas oleh para netter.
Tahun 2009 biarlah menjadi kemerdekaan yang sejati bagi seluruh bangsa ini merdeka lahir dan batin melalui serangkaian ibadah yang dijalankan secara tulus untuk mengharapkan rahmatNya bagi bangsa ini. Kita hormati bersama bulan suci ini, kita kembalikan fitrah bulan suci ini dimana doa mohon ampun dan mohon belas kasihan Sang Khalik senantiasa terlantun dari para umat. Tarawih ditegakkan kembali dan bukan digantikan dengan acara hiburan semata. Mari kita semua komponen bangsa berperan sesuai perannya masing-masing dalam membangun bangsa ini.

One thought on “Merdeka Lahir Batin”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s