Open Source Langkah Awal Membuka Sebuah Usaha Sablon

Sablon (cetak saring) tidak akan mati, dan masih banyak peluang yang dapat kita manfaatkan dari usaha ini. sebagai contoh peluang yang masih terbuka dan peluang pasarnya sangat terbuka dari masa-kemasa adalah usaha sablon kaos, undangan dan souvenir. Tulisan ini dimaksudkan untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009 (ket lanjut klik disini) dan menggugah kesadaran kita semua untuk dapat menjadi bangsa bermartabat yaitu menghormati hak cipta orang lain. Kebali ke topik tulisan ini tentang usaha sablon, dan seperti kita ketahui usaha sablon sangat berhubungan erat dengan ketersediaan perangkat komputer beserta perangkat lunaknya. Menjadi masalah klasik bagi pengusaha pemula adalah keterbatasan dana (modal), dan bila kita ketahui modal untuk membuka usaha sablon kaos, undangan serta souvenir akan banyak terserap dalam masalah desain. Disini menjadi suatu kewajiban bagi pengusaha untuk memiliki perangkat komputer untuk kemampuan desain baik dari sisi hardware ataupun software. Sudah menjadi rahasia umum bahwa perangkat keras komputer seringkali lebih murah dibanding perangkat lunak yang terpasang. Alangkah ironis bila usaha yang mulia ini terganjal oleh legalitas dari sebuah desain karena dibuat dari komputer dengan software yang tidak legal.
Disinilah peran dari open source untuk dapat menolong masyarakat yang kreatif ini berkarya tanpa terusik masalah legalitas. Ada banyak program/ perangkat lunak open source yang dapat kita gunakan untuk membuat desain.Sisi positif yang dapat kita tarik dari penggunaan software open source ini adalah terjangkau dari sisi pembiayaan bahkan ada yang free, cukup mumpuni untuk mendesain setara software share ware, beberapa software open source memiliki kompatibilitas dengan beberapa platform operating system. Kekurangan dari open source adalah jaminan support system yang kurang karena seringkali hanya bergantung pada forum development, format file yang tidak kompatibel dengan software share ware. Itulah dua sisi yang harus selalu dipahami dan dicari siasat untuk dapat memaksimalkan dalam penggunaannya. seharusnya bukan menjadi halangan bagi setiap orang yang berminat untuk terjun usaha.
Sebagai contoh untuk dapat membuka usaha sablon kita dapat manfaatkan program Inkscape untuk mengolah gambar sehingga menghasilkan gambar vektor yang bagus setara apa yang dihasilkan program profesional lainnya,

juga kita bisa gunakan GIMP (GNU Image Manipulation Program)

untuk aplikasi office kita bisa menggunakan Openoffice

tiga kombinasi program ini bisa dipadukan dengan operating system Linux ataupun Windows. Disini kemudian yang berperan adalah kreatifitas kita untuk menciptakan desain. Bila anda modal tambahan kita bisa mulai mengusahakan menggunakan program profesional sehingga usaha kita akan terus terupdate kompatibilitas nya. “selamat berkarya”

One thought on “Open Source Langkah Awal Membuka Sebuah Usaha Sablon”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s