Buku Masih Penting Untuk Sebuah Pembelajaran

Di jaman serba canggih ini keberadaan buku sudah banyak tergeser oleh teknologi.


Membaca buku menjadi sebuah kegiatan yang seolah-olah kuno dan ketinggalan jaman. Namun perlu disadari bahwa buku tetap berperan sangat banyak dalam sebuah pembelajaran. Bagi orang kinestetis visual seperti saya, membaca e-book terasa hampa (masih tersimpan kekosongan) dalam saya menangkap maksud dari penulis. Mungkin ini hanya masalh persepsi saja namun persepsi yang betul akan memudahkan pengendapan informasi. dengan membaca buku saya merasa ada interaksi yang membuat indera pembelajaran saya bekerja, dengan membalik halaman buku saya menegndapkan informasi dan memetakan layout buku sehingga saya lebih cepat mengingat sebuah informasi, sensasi ini tidak diperoleh ketika saya membaca e-book. Indera pembelajaran saya bekerja dengan mouse yang sangat terbatas mengekplorasi indera pembelajaran saya, karena cukup jari telunjuk dan sedikit gerakan tangan kita membalik setiap halaman e-book.
Menurut saya peranan buku masih diperlukan sebagai pair study pasangan belajar sebuah teknologi.

Tinggalkan Balasan

