bukan saatnya lagi mencetak pekerja….

Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia semakin hari semakin berat, banyaknya persoalan yang dihadapi membuat manajemen bangsa ini membuat seolah bangsa ini memberikan kehidupan yang tak pasti bagi warganya. Persoalan silih berganti datang melemahka sektor-sektor penopang kehidupan, mentalitas warga negara dan pejabat mengalamai degradasi.
Tidak ada kata terlambat bagi kita semua untuk bangkit kembali, dan pendidikan adalah panglima dalam membangun sumberdaya manusia bangsa. Sumberdaya manusia inilah yang akan bertanggung jawab dalam pengelolaan bangsa, bila pembangunan sumberdaya manusia tidak berjalan semestinya dengan menghasilkan manusia-manusia yang tidak punya daya juang dan integritas, semakin terpuruklah bangsa ini dalam penjajahan baru oleh bangsa yang lebih kuat daya juang dan integritasnya.
Pendidkan dari tingkat dasar hingga tinggi mempunyai peran yang strategis dalam masanya untuk membentuk manusia-manusia yang berdaya juang tinggi dan berintegritas.Di tingkat pendidikan tinggi tuntutan pembentukan manusia berdaya juang tinggi dan berintegritas mendapat tantangan tambahan untuk mencetak menusia bermental mandiri, ulet dan tangguh untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Perguruan tinggi tidak lagi menghasilkan para pekerja dimana lulusannya akan berbaris membawa ijazah mengantri pekerjaan di instansi pemerintah ataupun swasta. Lulusan perguruan tinggi sekarang ini dituntut untuk dapat menyediakan lapangan pekerjaan melalui penelitian yang dilaksanakan dan pengolahan ide kreatif yang muncul / dimunculkan / didorong dan dikondisikan munculnya ide kreatif selama menempuh pendidikan di universitas.
Permasalahannya muncul kembali bagaimana langkah universitas untuk dapat mencetak pengusaha-pengusaha tersebut. Butuh perubahan paradigma dari civitas akademik sebuah universitas mulai dari rektor hingga mahasiswa bahwa mereka datang untuk bersama menjadi pengusaha dan bukan pekerja. Dosen dalam perkuliahan membuat inovasi dan tantangan bagi mahasiswa untuk dapat berpikir kritis dan kreatif dalam setiap tugas yang dibebankan.
Dan integritas adalah hal yang ditekankan bagi setiap civitas akademika sehingga dimanapun mereka berada mereka akan selalu menjaga dirinya tetap dijalan kebenaran karena mereka adalah pribadi yang berintegristas. sehingga perguruan tinggi juga tidak terjebak hanya mencetak orang yang suskses secara finasial melainkan orang yang sukses dan bahagia karena lulusan yang dihasilkan legal secara hukum negara, berdaya juang tinggi dan berintegritas.

2 thoughts on “bukan saatnya lagi mencetak pekerja….”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s