Gara-Gara Pompa Oli

Masalah mendasar yang menimpa “si keren” adalah lepasnya gear/ roda penggerak pompa oli dari as/dudukannya. Sehingga Oli tidak dapat dipompa dari carter melumasi seluruh mesin dan komponen vital yang akan terkena adalah bearing/laker jalan dan laker duduk atau ada juga yang menyebutnya metal jalan dan metal duduk. Fungsi dari laker/ bearing/ metal ini adalah sebagai bearing/laker bagi stang seker/ conecting rod berputar pada kruk as bedanya laker ini menggunakan cairan (oli) untuk menggantikan fungsi bola-bola besi memperlancar gerak setang seker / conecting rod pada krusk as. Jadi bisa dibayangkan apa yang terjadi bila oli tidak mengalir pada laker/ beraing/ metal jalan dan duduk. Suatu kondisi besi berputar pada besi dan bersentuhan langsung sehingga keausan yang parah terjadi. Hal ini tentunya mengakibatkan posisi gerak piston / seker pada blok mesin menjadi tidak sempurna (goyang) sehingga blok mesin menjadi tergores.
Jadi itulah yang terjadi pada mobil saya dan hanya satu set metal jalan dan duduk yang terselamatkan yang dua sudah goyang semua, itu menandakan haruslah saya mengganti kedua set tadi permasalahannya penggantian tersebut akan menyeret komponen komponen lain yang harus diganti, yang meliputi metal jalan, metal duduk, setang seker, seker, ring seker dan pekerjaan yang harus dilakukan, balancing kruk as, colter blok mesin jadi turun mesin/overhaul.
Sedikit tips bagi temen2 bila indikator oli kita tiba2 menyala maka sebaiknya hentikan mobil kita dan jangan dinyalakan sampai penyebab indikator menyala tersebut ditemukan dan diperbaiki. Indikator oli yang menyala ketika mesin berjalan menandakan tidak ada/ kurangnya oli yang mengalir di dalam mesin sehingga tidak bisa menekan switch/ saklar indikator oli tersebut. Berkurangnya oli yang beredar di mesin bisa karena kehabisan oli, atau pompa oli tidak bekerja.
Begitulah saudara-saudariku pecinta charade atau mobil yang lain kisah sedihku dengan mobil pertama ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s