Skema rangkaian pendeteksi debit air

Terkadang kita pusing memikirkan air yang terus mengalir gara gara tidak mengetahui air didalam tangki sudah penuh sehingga terjadi pemborosan dan terkadang kita pusing ketika kita membutuhkan air dengan segera ternyata air di dalam tangki sudah kosong karena kita lupa menyalakan pompa air atau membuka kran pengisian. Oleh karena itu rangkaian sederhana ini bisa memberikan jawaban itu dan anda akan dibikin nyaman karenanya. Skema Rangkaian pendeteksi debit air ini akan otomatis memberitahu anda apabila tangki air anda kosong dengan bunyi buzzer. Dan apabila tangki sudah penuh anda akan diberitahu dengan lampu yang menyala.

Skema rangkaian pendeteksi debit air

Cara kerja rangkaian:
N1 pemicu Schmitt bekerja sebagai osilator dan menghasilkan frekuensi sekitar 1 kHz. Jika di dalam tangki masih cukup air, maka tegangan alternatif pergi dari elektroda A C. elektroda ke Setelah diperbaiki dari dioda D1 dan D2, di pin 13 dari N4 mencapai melalui D3 a 0 logis. Dengan ini, suara osilator N4 dan buzzer terputus.

Jika tingkat air tetes ke sedemikian rupa sehingga elektroda C tidak lagi dalam kontak dengan air, maka pemblokiran N4 ditangguhkan dan buzzer mulai terdengar secara berkala. Durasi alarm ditentukan oleh kapasitor osilator N3 dan C6. Alarm akan berhenti secepat tangki mengisi dan C elektroda lagi dalam kontak dengan air. Jika tombol S1 beroperasi sebelum mengisi D5 lampu LED secepat air mencapai elektroda B. D5 mati setelah sekitar 10 detik tidak ada tegangan yang kuat.

Karena pemantauan tingkat dibuat dengan sinyal AC, oksidasi elektroda berkurang. Tegangan suplai bisa antara 5 dan 15 V. Jika Anda memilih tegangan lebih rendah dari 9 V, elektroda C permukaan harus jauh lebih tinggi dibandingkan dengan elektroda B. Hal ini diperlukan karena ada kehilangan sinyal dari C elektroda dalam D1 dioda. .. D3.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s