Pengendali motor servo dengan generator pulsa

Skema Rangkaian Motor Servo Controller atau Pengendali Motor Servo ini adalah desain dasar yang sederhana dari pengendali motor servo dengan generator pulsa. Ia menggunakan IC CMOS 7555 dalam modus astabil untuk menghasilkan pulsa untuk menggerakkan motor servo. Rangkaian dapat dimodifikasi sesuai untuk mendapatkan pulsa cukup panjang.

Servo adalah perangkat kecil yang memiliki poros output. Poros ini dapat diposisikan ke posisi sudut tertentu dengan mengirimkan servo sinyal kode. Selama sinyal kode ada pada baris masukan, servo akan mempertahankan posisi sudut dari poros. Posisi sudut poros ditentukan oleh durasi pulsa yang diterapkan pada kawat kontrol. Ini disebut Pulse Modulation Coded.

Servo biasanya membutuhkan pulsa setiap 20 milidetik (.02 detik). Panjang pulsa akan menentukan seberapa jauh motor berubah. Umumnya, 1,5 milidetik pulsa akan membuat pergantian motor ke posisi 90 derajat. Ini disebut Posisi Netral. Jika denyut nadi lebih pendek dari 1,5 ms, motor akan mengubah poros untuk dekat dengan 0 derajat. Jika denyut nadi lebih panjang dari 1.5ms, poros berubah mendekati 180 derajat.

Cara Kerja:
 Rangkaian ini dirancang untuk memberikan sinyal kontrol ke Servo.IC1 ini dirancang sebagai vibrator multi astabil yang dapat memberikan pulsa untuk pengoperasian Servo tersebut. The VR2 10KPot, R1 dan kapasitor C1 menentukan waktu Tinggi dan Rendah pulsa. Karena VR2 adalah variabel, waktu Tinggi bervariasi dari 2,07 menjadi 1,03 mS mS. Waktu yang rendah akan menjadi 40,5 mS. Dengan menyesuaikan VR1, mudah untuk mendapatkan timing.VR3 yang tepat menyesuaikan tegangan 1,6 volt kontrol ke pin kontrol 5 dari IC1.

Sebuah kontrol tegangan juga bisa dipasok dari luar. Kemudian VR3 harus dihilangkan. Kontrol tegangan dapat disediakan dari power supply variabel yang memberikan output 0-10 volt. Kontrol tegangan akan mengontrol posisi motor servo yang terhubung ke output. Ketika perubahan kontrol tegangan, servo akan bergerak ke posisi baru yang sesuai dengan nilai tegangan kontrol baru. 0 volt menyebabkan servo untuk tetap di satu ujung dan 10 volt ke ujung yang lain. Jika volt kontrol 5 volt servo tetap di posisi tengah. 

Sumber:  http://electroschematics.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s